Kesehatan Mental

Mengelola Kemarahan Tersembunyi

Published on 10 December 2016

Saya baru memaafkan Ayah (secara tuntas) tahun 2001 lalu. Tanpa saya sadari memelihara kemarahan tersembunyi. Papa tidak menerima saya saat lahir, dia berharap mendapatkan anak perempuan. Sejak kecil saya dibeda-bedakan dengan kelima abang saya. Luka  hati yang terjadi di masa kecil ternyata terbawa hingga masa dewasa karena saya tidak tahu bagaimana mengelolanya.

Marah merupakan emosi normal, yang dimiliki setiap kita. Dalam situasi tertentu kita perlu marah. Kemarahan ada dua macam: divine anger & human anger.  Kemarahan yang membangun dan merusak.

Read more...
 

Seni pemulihan diri dan Pohon Keluarga

Published on 22 September 2016

I. Pendahuluan

Bahan ini adalah bahan seminar yang rutin Penulis presentasikan di pelbagai Kota dan Negara. Dengan tujuan membantu setiap kita pulih dari trauma dan masa lalu yang buruk. Berdamai dengan masa lalu dan berdamai dengan diri sendiri.

Sejak tahun 2005 makin banyak orang datang dari pelbagai kota meminta layanan konseling di LK3 (Layanan konseling keluarga dan Karir). Karena keterbatasan waktu dan jarak, serta biaya transportasi yang mahal dari luar kota, maka kami berusaha menuliskan "resep" atau panduan konseling berupa buku yang dapat dibaca sewaktu-waktu oleh klien kami.

Read more...
 

5 Langkah Pemulihan Luka (Batin)

Published on 09 May 2016

Semua kita pernah kecewa dan terluka. Terutama akibat perbuatan orang yang kita sayangi. Luka itu bisa berupa pengabaian, ketidakadilan, kekerasan dan pelecehan. Ada yang mengalami penghianatan, dibohongin,  difitnah atau diremehkan. Semua ini sangat menyakitkan bagi siapapun.

Ada lima proses atau tahapan penting untuk memulihkan luka hati kita. Ingat, makin dalam luka makin besar daya pengampunan dibutuhkan.

Read more...
 

Page 1 of 7