Bunuh Diri & Tabungan Emosi Bahagia.

Published on 13 June 2018

"Kebahagiaan sejati adalah menikmati kesenangan dan penderitaan secara seimbang."

Bunuh diri banyak terjadi dikalangan keluarga berada atau artis yang super kaya. Bukan hanya mereka yang hidup sengsara.

Suicide bisa disebabkan justru karena menikmati hidup yang terlalu enak tapi tidak pernah mampu menjadi dirinya sendiri. The real self. Hidup hanya berdasar ambisi pribadi atau tuntutan orang lain. Kenyamanan dan kemewahan justru menjadi pemicu rasa putus asa yang hebat, karena tidak pernah merasa benar2 puas. Selalu merasa tidak cukup.

Read more...
 

Mengelola Kemarahan Tersembunyi

Published on 10 December 2016

Saya baru memaafkan Ayah (secara tuntas) tahun 2001 lalu. Tanpa saya sadari memelihara kemarahan tersembunyi. Papa tidak menerima saya saat lahir, dia berharap mendapatkan anak perempuan. Sejak kecil saya dibeda-bedakan dengan kelima abang saya. Luka  hati yang terjadi di masa kecil ternyata terbawa hingga masa dewasa karena saya tidak tahu bagaimana mengelolanya.

Marah merupakan emosi normal, yang dimiliki setiap kita. Dalam situasi tertentu kita perlu marah. Kemarahan ada dua macam: divine anger & human anger.  Kemarahan yang membangun dan merusak.

Read more...
 

Seni pemulihan diri dan Pohon Keluarga

Published on 22 September 2016

I. Pendahuluan

Bahan ini adalah bahan seminar yang rutin Penulis presentasikan di pelbagai Kota dan Negara. Dengan tujuan membantu setiap kita pulih dari trauma dan masa lalu yang buruk. Berdamai dengan masa lalu dan berdamai dengan diri sendiri.

Sejak tahun 2005 makin banyak orang datang dari pelbagai kota meminta layanan konseling di LK3 (Layanan konseling keluarga dan Karir). Karena keterbatasan waktu dan jarak, serta biaya transportasi yang mahal dari luar kota, maka kami berusaha menuliskan "resep" atau panduan konseling berupa buku yang dapat dibaca sewaktu-waktu oleh klien kami.

Read more...
 

Page 1 of 7