PENGAMPUNAN BERISIKO

Published on 18 July 2018

"Jangan (asal) maafkan, jika hal itu hanya membuat orang tersebut mengulangi terus perbuatannya" ~Dr. Julianto Simanjuntak ~

Umumnya kita pernah konflik dan terluka. Namun sebagian kita  yang terluka tidak tahu bagaimana cara terbaik menangani luka atau memaafkan. Ada yang mengabaikan atau menekannya. Ada juga yang melampiaskannya begitu saja.

Bagi Anda yang mengampuni dengan cara yang sembarangan jelas berbahaya. Sebab pengampunan seperti ini menghambat seseorang untuk bertobat. Dia akan terus mengulangi perbuatannya.

Ada beberapa contoh ungkapan pengampunan berisiko:

a. “Ohh Tidak apa-apa”.
Ini adalah sikap menyetujui perbuatan yang salah atau menyangkal bahwa ada kesalahan.

Read more...
 

BERSAHABAT DENGAN MASALAH: Seni Menikmati ‘Berkat Negatif’

Published on 12 June 2018

“Kesulitan dan masalah hidup bisa menjadi alat anugerah Tuhan, agar kita lebih mengenal kasih karuniaNya. JS~ LK3”

Penyakit fisik, kekurangan, depresi, atau beban hidup lainnya bagi orang-orang percaya adalah berkat. Saya menyebutnya “berkat negatif”. Itu bukan kutuk, tetapi berkat.

Ada kalanya Tuhan Allah memberkati kita dengan cara yang positif: keberhasilan, kenaikan pangkat, keuangan yang lebih baik, pujian atau penghargaan. Tak jarang kita menjadi alat peraga negatif lewat persoalan yang menimpa hidup kita.

Dalam sejarah umat Israel, Allah juga membentuk dan mendidik umatNya lewat pengalaman sulit yang tidak menyenangkan: kelaparan, penyakit, kehilangan, kematian dsb.

Read more...
 

Sindrom Kesepian

Published on 13 April 2018

KASUS

Seorang ibu tengah baya, wanita karir berusia 41 tahun bernama Sari (Samaran) datang konsultasi. Suaminya pengusaha sukses dan mapan. Tidak heran kedua anak mereka yang sudah SMP sekolah bertaraf internasional. Punya mobil dan rumah mewah.

Sayangnya hubungan mereka beberapa tahun terakhir hambar. Mereka masing-masing sibuk. Apalagi suami Sari kaku dan sama sekali tidak romantis. Sementara Ibu Sari punya kebutuhan dan bahasa cinta ngobrol dan kebersamaan.

Read more...
 

Page 1 of 18