Konseling

BERSAHABAT DENGAN MASALAH: Seni Menikmati ‘Berkat Negatif’

Published on 12 June 2018

“Kesulitan dan masalah hidup bisa menjadi alat anugerah Tuhan, agar kita lebih mengenal kasih karuniaNya. JS~ LK3”

Penyakit fisik, kekurangan, depresi, atau beban hidup lainnya bagi orang-orang percaya adalah berkat. Saya menyebutnya “berkat negatif”. Itu bukan kutuk, tetapi berkat.

Ada kalanya Tuhan Allah memberkati kita dengan cara yang positif: keberhasilan, kenaikan pangkat, keuangan yang lebih baik, pujian atau penghargaan. Tak jarang kita menjadi alat peraga negatif lewat persoalan yang menimpa hidup kita.

Dalam sejarah umat Israel, Allah juga membentuk dan mendidik umatNya lewat pengalaman sulit yang tidak menyenangkan: kelaparan, penyakit, kehilangan, kematian dsb.

Read more...
 

Sindrom Kesepian

Published on 13 April 2018

KASUS

Seorang ibu tengah baya, wanita karir berusia 41 tahun bernama Sari (Samaran) datang konsultasi. Suaminya pengusaha sukses dan mapan. Tidak heran kedua anak mereka yang sudah SMP sekolah bertaraf internasional. Punya mobil dan rumah mewah.

Sayangnya hubungan mereka beberapa tahun terakhir hambar. Mereka masing-masing sibuk. Apalagi suami Sari kaku dan sama sekali tidak romantis. Sementara Ibu Sari punya kebutuhan dan bahasa cinta ngobrol dan kebersamaan.

Read more...
 

Pohon Keluarga, Konflik dan Perselingkuhan

Published on 13 April 2018

Wade, Lana, Rita dan Skip tanpa berpikir panjang bersikap reaktif terhadap satu sama lain; ini adalah pola dalam keluarga yang “melebih-lebihkan dan mempertajam perbedaan".

Sementara konflik berkembang dan perlawanan/pertentangan menjadi semakin keras, anggota-anggota keluarga semakin tersedot dalam pusaran emosi yang menegangkan.

Jika pola seperti ini muncul dalam keluargamu, apa yang bisa Anda lakukan? Jika Anda cukup berani untuk masuk ke dalam gelanggang ketegangan emosi yang tinggi itu serta mengikuti beberapa langkah berikut ini, kemungkinan besar Anda akan bisa melihat interaksi yang lebih tenang, dan lebih positif diantara anggota-anggota keluargamu.

Read more...
 

Page 1 of 17