Parenting

Mama Selalu Mengorbankan Punggungnya

Published on 15 May 2017

Masih segar diingatan, saat kecil kami sering  menjadi sasaran kemarahan Papa. Karena pengaruh alkohol Papa cenderung cepat marah. Kalau lagi kesal ada saja barang yang dia lempar, atau memukulkannya kepada anak yang ada di dekatnya. Sering pukulan itu meninggalkan bekas, biru atau lembam. Sakit tidak hanya fisik tapi kami terluka secara psikhis. Saat kami dipukul, mama selalu ber sedih hati. Mama selalu waspada jika Papa lagi marah, dan mengawasi jangan sampai Papa memukul kami.

Suatu hari Papa merasa uangnya hilang, lalu menuduh abang kelima mengambil. Mendadak Papa naik pitam dan mengambil kopelnya  dan memukul Abang. Mama dengan gesit memegang si Abang, sambil memberi punggungnya ke arah Papa. Pukulan itu mengenai Mama, karena itu Papa berhenti memukul, sementara si Abang diminta Mama keluar dari rumah.

Read more...
 

Peran Ayah Membentuk Karakter Seks Putrinya

Published on 10 December 2016

KOMPAS.com - Kasus-kasus seks pranikah makin banyak. Selain mengindikasikan adanya masalah dalam sistem keluarga, khusus untuk remaja, seks pranikah menunjukkan miskinnya informasi yang didapat anak lewat orangtuanya. Tentu saja, orangtua tidak bisa berharap banyak jika informasi mengenai seks diberikan saat anak menjelang remaja; apalagi kalau mereka mulai mengenal lawan jenis atau berpacaran.

Penjelasan itu sebaiknya diberikan sejak dini, ketika anak mulai bertanya-tanya soal tubuhnya. Orangtua membangun atmosfer yang menyenangkan bagi anak untuk berdiskusi, kemudian menggunakan setiap kesempatan secara sadar untuk memberi penjelasan, sedikit demi sedikit, sesuai pengertian anak-anak kita.

Read more...
 

TANTANGAN PARENTING ABAD 21: Mendidik Anak Sesuai Zaman

Published on 01 December 2016

Situasi anak-anak kita berubah setiap satu dekade. Meskipun dalam beberapa hal anak dan remaja kita sama saja dengan masa lalu, tetapi sebagian berubah secara mendasar. Bilang saja pengaruh tekonologi.

Dulu anak-anak kita hanya hidup dengan radio dan TV. Sekarang mereka terbiasa diperhadapkan dengan TV kabel, game online, satelit, internet yang menciptakan dunia global yang tidak kita alami masa lampau.

Mereka punya akses TV ke seluruh kebudayaan. Segala jenis kebutuhan mereka, menyangkut hiburan, musik, mode, dll, terpenuhi. CD, VCD, MP3 sahabat mereka sehari-hari.

Read more...
 

Page 1 of 7