Mengenal Monster Pribadi

DAFTAR BUKU KONSELING

JULIANTO SIMANJUNTAK DAN Roswitha Ndraha

You are here:Buku»Mengenal Monster Pribadi
04 February 2015 Written by 

Mengenal Monster Pribadi

Setiap kita memiliki “monster”, atau hal yang menakutkan dan mengganggu dalam diri. “Monster” adalah area sensitif tempat kita mudah jatuh atau terganggu dengan situasi tertentu. Monster ini terbentuk sejak kecil, disebabkan adanya pengalaman yang tidak menyenangkan, traumatis atau sangat memalukan.

Contohnya, monster dalam diri saya adalah “sensitif ditolak”. Saat saya dalam kandungan mama, papa sudah berharap putra keenamnya ini perempuan sebab lima anak sebelumnya pria. Papa mengancam akan menceraikan Mama jika masih “memberikan”-nya anak laki-laki. Saat mama melahirkan saya, dia kecewa. Ayah juga kecewa. Ternyata saya laki-laki.

Sejak itu, penolakan demi penolakan saya alami. Saya dipaksa menggunakan rok saat balita hingga nama saya diubah menjadi feminin. Akibatnya, sepanjang hidup sejak remaja hingga di awal pernikahan, saya sangat mudah tersinggung jika saat mengalami penolakan tertentu. Sampai sekarang area sensitif ditolak itu masih tersisa, namun saya sudah bisa menguasainya.

Setiap kita memiliki “monster”. “Monster” adalah area sensitif atau kecenderungan negatif yang ada pada diri kita.

Anda tidak sendiri. Jangan takut atau gelisah.


"Monster" ini selain perlu penebusan, membutuhkan pembaharuan dari hari ke sehari. Tanpa pembaharuan dari FirmanNya kita tidak mudah menang atas keinginan daging kita..

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 966 times Last modified on Saturday, 28 October 2017 07:32
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Pak Julianto Simanjuntak mendapat undangan khusus oleh Pak Jakob Oetama (Pemimpin Umum Kompas Gramedia) tahun 2008, dan sebagian buku Julianto-Roswitha dicetak oleh Gramedia Pustaka Utama, dan menjadi best-seller.