MENGENAL JURUSAN KULIAH & KARIER SESUAI KEPRIBADIAN

MENGENAL JURUSAN KULIAH & KARIER SESUAI KEPRIBADIAN
Dan Pendampingan Orangtua yang Efektif
(Remaja Umur 15-19 Tahun & Orangtua)
MEDAN - JAKARTA - SURABAYA

Fasilitor
1. Aileen Mamahit, PhD (Psikolog Klinis, Dosen Pasca Sarjana STT-SAAT Malang)
2. Dr. Julianto Simanjuntak (Terapis masalah Keluarga & Penulis Buku Parenting & Konseling)
3. Ir. Ichwan Chahyadi MSc, MA, CFP (Konselor Karir dan Fasilitator Pelayanan Keluarga)
4. Roswitha Ndraha, MPdK (Pendiri LK3, Terapis Anak)

Pelatihan ini membantu remaja Usia 15-19 tahun sejak dini memilih jurusan kuliah serta merencanakan karier masa depan sesuai kepribadian Anak. Orangtua mendapat sesi terpisah untuk kecakapan membimbing Remaja mencapai cita-cita mereka

Waktu

M E D A N
Kamis, 1 Juni 2017, Pkl. 09.00-17.30
IMPRESSION Hotel
Jalan Setia Budi No 159, Medan
L I P P O  K A R A W A C I
Sabtu, 3 Juni 2017, Pkl 09-17
Hotel Golden Tulip,
Jl. Jend. Sudirman No.9, Tangerang-Banten
S U R A B A Y A
Sabtu, 30 September 2017, Pkl 09-17
Universitas Ciputra
UC Town Citra Land Surabaya

I.    SESI REMAJA

Sesi 1 - Mengenal Diri Dengan Baik - Aileen Mamahit PhD
Mengenal diri dan kepribadiannya akan meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) yang membawa banyak manfaat bagi Anda, antara lain: penerimaan diri yang sehat, mengenali kekuatan & kelemahan pribadi, memilih jurusan dan karir yang sesuai pribadi Anda. Sesi ini membantu Remaja menjalin relasi yang lebih baik, cakap menyelesaikan konflik, dsb. Sesi ini akan menolong Remaja untuk mengenali kepribadiannya berdasarkan Tes MBTI, sebuah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan, kecerdasan, bakat, dan tipe kepribadian.

Sesi 2 – Harga Diri,  Kepribadian dan Pilihan Karir – Aileen Mamahit PhD
Riset menunjukan bahwa kepribadian seorang akan mencondongkannya pada karir tertentu dan akan bertumbuhkembang dalam lingkungan karir yang cocok. Mengerti kepribadian dan minat sendiri akan menolong seorang remaja bukan hanya mengenali dirinya tetapi juga untuk merencanakan masa depan dengan lebih mantap.  Sesi ini menolong Remaja untuk  mengenali tipe kepribadian berdasarkan Holland Codes yang akan menolongnya untuk memperkirakan jurusan dan karir masa depan.

Sesi 3 - Merancang Cita-Cita - Ir. Ichwan chahyadi, MSc, MA, CFP
Sesi ini adalah mematangkan cita-cita setiap anak agar besar, jelas dan terukur. Sekaligus menyelesaikan akar rasa kurang percaya diri, perasaan kurang mampu, dan belajar menjadi dirinya sendiri. Setiap anak yang punya tujuan hidup umumnya memiliki daya juang dan rasa percaya untuk mencapai cita-citanya.

Sesi 4 - Model Pengelolaan Konflik Ortu dan Anak - Julianto Simanjuntak
Model ini didesain untuk membantu orang tua mengevaluasi dan memperbaharuipendekatan mereka dalam mengelola konflikdengan anak2. Model ini berguna untukmempelajari karakteristik pendekatan positifdan karakteristik pendekatan negatif sehinggaorang tua bisa mengasah metode baik & meninggalkan metode buruk.

Sesi 5 - Penjelasan Hasil Tes (Gabung dengan Orangtua)

II.    SESI ORANGTUA

Untuk sesi 1 s/d 3 Orangtua mendapatkan bahan terpisah.

Sesi 1 - Memahami Pergumulan Remaja - Roswitha Ndraha & Julianto Simanjuntak
Sesi ini membantu kita memahami remaja kita dengan segala pergumulan, keunikan dan kebutuhan mereka. Bagaimana berbicara kepada anak agar mereka mendengarkan kita, dan mendengarkan remaja agar mereka mudah berbicara kepada kita.

Sesi 2 - Membimbing Anak Memilih Cita-Cita - Ir. Ichwan chahyadi, MSc, MA, CFP
Memaksakan anak pilih jurusan kuliah sudah bukan zamannya. Orangtua perlu menjadi sahabat anak. Mengerti kepribadian anak dan menjadi teman diskusi yang menyenangkan tentang masa depan. Orangtua perlu memahami isu seputar karier masa kini, yang spesilisasinya makin beragam dan dulu tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Sesi 3 - Pola Asuh Anak & dampaknya pada motivasi belajar Anak - Aileen Mamahit PhD
Sesi ini menjelaskan bagaiman pola asuh sangat mempengaruhi semangat anak belajar dan berprestasi. Menjadi sumber bonding atau konflik orang tua dengan anak. Membantu orang tua dari sisi spiritual untuk membantu anak mengalami pemulihan secara utuh. Kami siapkan Inventori Pola Asuh (Parenting Type Inventory) untuk Orangtua.

Sesi 4 - Model Pengelolaan Konflik Ortu dengan Anak - Dr. Julianto Simanjuntak (Gabung dengan Anak)
Model ini didesain untuk membantu orang tua mengevaluasi dan memperbaharui pendekatan Orangtua dalam mengelola konflik dengan anak2. Model ini berguna untuk mempelajari karakteristik pendekatan positif & karakteristik pendekatan negatif sehingga orang tua bisa mengasah metode baik & meninggalkan pola yang buruk. Sesi ini orangtua bergabung dengan remaja.

MODEL PENGELOLAAN KONFLIK ORANGTUA DENGAN REMAJA

Sejak Moze kelas 1 SMP kami  kerap konflik. Memasuki usia remaja ia sering mengkritisi Alkitab,  menyatakan diri bukan Kristen dan tidak mau ke Gereja. Konflik lainnya si Bungsu kerap bermain Game hingga 5 jam setiap hari. Karena bingung dan frustrasi  kami  konsultasi dengan 7 Psikolog dan menjalani assesmen. Akhirnya konflik mereda, setelah kami sadar bahwa Moze butuh kami menjadi sahabatnya, bukan sekedar Orangtua. Moze menerima Kristus dan motivasi belajarnya semakin baik. Kini Moze kuliah di Dallas, Texas-US.

Sebagai orangtua kita makin sering marah, melihat sikap anak yang mendadak berubah ketika masuk SMP. Kita bingung, frustrasi dan tergoda mendiamkan anak. Demikian sebaliknya.

Berdasarkan kebutuhan Orangtua, kami mengadakan seminar interaktif untuk membantu Orangtua bisa bersikap dengan bijak, menghadapi remaja mereka. Akhir-akhir  ini konflik rasanya tidak terhindarkan. Karena mereka semakin hari asyik dengan gadget berselancar di dunia maya, bermain game, menonton Youtube dan mendengarkan spotify.

Dalam acara ini Saya dan Moze akan berbagi kiat mengelola Konflik Orangtua dengan Remaja.

Moze akan berbagi dari sisi seorang Remaja. Bagaimana cara terbaik berbicara kepada Anak agar mereka mendengarkan dengan baik. Bagaimana mendengarkan Anak-anak agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik pada Orangtua. Sedangkan Saya akan membantu Orangtua memahami dunia remaja dan bagaimana bersahabat dengan mereka. Memulihkan luka batin yang ada, cakap berkomunikasi dan mengelola konflik, sehingga tidak saling menyakiti.

Sesi 5: Penjelasan Hasil TES (Orangtua gabung Anak)

PESERTA
Siswa/Remaja Terbatas 50-60 Orang
OrangTua Terbatas 50-60 Orang

BIAYA SISWA
Rp 550.000/Siswa (sebelum 10 Mei)
Rp 700.000 (sesudah 10 Mei)

BIAYA ORANGTUA
Rp 350.000/ Orang (Sebelum 10 Mei)
Rp 500.000/Orang (sesudah 10 Mei)

INCLUDE:  materi seminar,  asesmen, hasil tes,  konsumsi & Buku panduan Cita-cita Karir untuk siswa)

Rek Anne Rebhecca P
BCA 8830356739

Daftar ONLINE: bit.ly/karirlk3

Informasi:
Panitia Medan

Manalu Novries : 0811 6002 615
Lenny Sitorus   : 0813 8636 3256
Enny Mariani    : 0821 6545 4955
Maria Matilda   : 0812 6475 5480

Panitia Jakarta

Anne Rebheca  : 0812 81391414
Hendrik           : 0857 7470 8694

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.